Minggu, 17 Februari 2013

Maju..... Mundur..... Maju..... Mundur....... = ??? R A G U


“ Sikap ragu akan mengambil rasa percaya diri Anda, dan membuat intelektualitas Anda menjadi tidak berguna, serta jiwa Anda akan diintimidasi dengan rasa takut dan khawatir.” 

Keraguan dalam diri akan membuat semua potensi diri tidak berfungsi, seolah semuanya tidak mampu bergerak, karena terbius oleh energi ragu. Semakin Anda membiarkan keraguan menjadi kebiasaan hidup, semakin potensi diri Anda akan kehilangan kekuatannya untuk hadir dan memberikan manfaat bagi kehidupan.

Keraguan akan melemahkan kepercayaan diri dan melumpuhkan logika. Anda yang hidup dalam keraguan pasti akan kehilangan rasa berani dan bahagia. Dan sebagai gantinya, diri Anda akan dikuasai rasa takut, gelisah, dan perasaan tidak aman. Siapkan kompetensi dan kemampuan diri, agar perasaan berani dan percaya diri menjadi semakin menguat, sehingga Anda mampu menghapus keraguan diri Anda dengan memaksa diri untuk menjadi lebih tegas dan bertindak lebih berani.

Keraguan bukan untuk dilawan, tapi dilatih menjadi lebih berpengetahuan dan memahami persoalan, sehingga diri Anda akan kuat untuk bertindak tegas, tanpa ragu. Bila Anda melawan keraguan, maka setiap hari diri Anda akan hidup dalam perkelahian dengan kekuatan ragu. Hasilnya, Anda tidak pernah menjadi tegas dan berani untuk bertindak. Dan di sepanjang waktu, Anda hanya akan hidup dalam keraguan, tanpa pernah menghasilkan sebuah hasil sesuai harapan.

Sikap ragu sering muncul karena adanya perasaan takut gagal, dan hal ini mendorong diri untuk tidak berani mengambil risiko. Akibatnya, diri akan menjalani kehidupan di zona nyaman, dan akan menghentikan semua upaya untuk mencoba, atau melakukan hal-hal kreatif di luar zona nyaman.
Ketika rasa takut menguasai diri Anda, maka semua impian dan harapan Anda menjadi sangat jauh untuk dijangkau. Anda hanya akan menulis tujuan dan harapan hidup, tapi tidak berani bertindak, dan selalu takut keluar dari batas zona nyaman Anda.

Sikap ragu haruslah diperbaiki dan tidak dibiarkan menguasai kepribadian Anda. Ragu dan takut muncul karena minimnya pengetahuan dan keterampilan untuk bertindak. Oleh sebab itu, pastikan Anda menjadi pembelajar yang penuh disiplin untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi diri, agar diri Anda menjadi semakin menguasai persoalan, dan menjadi cerdas mengambil langkah-langkah efektif untuk mengatasi keraguan Anda.

Jadilah pribadi tegas dan berani dengan mengambil langkah kecil, sambil menghitung dan memagari risiko yang Anda takuti. Gambarkan semua langkah-langkah Anda dengan rencana yang didukung informasi dan data yang benar. Lalu, kembangkan rasa percaya diri dan yakinkan diri Anda bahwa Anda pasti bisa bertindak tanpa diganggu oleh keraguan.

Jangan biarkan diri Anda dikelilingi oleh orang-orang pesimis, yang selalu mengkontribusikan energi negatif untuk mengurangi keberanian Anda. Pastikan Anda mampu keluar dari lingkaran orang-orang pesimis. Selama Anda masih hidup dengan orang-orang pesimis, Anda akan sulit terbebaskan dari energi ragu dan takut. Sebab, orang-orang pesimis adalah pemilik sah dari energi ragu, dan Anda juga pasti akan tertular energi ragu dari mereka, sehingga gairah dan keberanian Anda akan kehilangan kemampuan untuk bertindak dengan tegas.


By DJAJENDRA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar