Minggu, 17 Februari 2013

GAJI lebih penting daripada JABATAN


Pada sebuah acara kuis reality show dengan hadiah bisa mencapai angka milyar, menyaksikan permainan yang dilakukan dalam acara tersebut. Untuk dapat ikut acara tersebut harus ada persiapan dan dicasting apakah layak tampil atau tidak.

Tujuan semuanya sama yaitu mendapatkan hadiah uang atau barang yang sebanyak-banyaknya.

Sebenarnya untuk mendapatkan suatu nilai rupiah dalam jumlah besar, itu bukan tinggal menunggu jatuh dari bulan. Ada uang ada barang, kita harus setuju dengan perkataan yang menggambarkan ada gaji yang merupakan hasil jerih lelah seseorang.


Yang kita lihat dalam acara tersebut, sepertinya orang sudah semakin berlomba-lomba untuk mendapatkan uang dengan instan. Gejala ini tidaklah baik jika akhirnya kita melihat banyak orang jadi punya pola pikir tinggal tunggu rejeki nomplok saja dan akhirnya tidak punya motivasi untuk bekerja.

Dengan kenyataan di atas, bisa saja kita mengatakan orang akan lebih senang gaji daripada jabatan. Ada beberapa kondisi yang mempengaruhi seseorang dalam memilih gaji atau jabatan (karir).

1. Faktor waktu
Dalam jangka pendek, orang akan lebih pilih berpikir untuk terima gaji daripada lebih fokus kejar karir. Pada pola pikir banyak orang bisa jadi yang terlihat langsung dampaknya (gaji) lebih dikejar daripada karir (yang belum tentu menghasilkan banyak uang dalam waktu singkat).

2. Faktor ekonomi
Seseorang yang bekerja dengan harus menanggung beban hidup keluarganya yang memberatkannya, sepertinya lebih prefer untuk mendapat gaji lebih banyak dariPada memikirkan karir. Situasinya akan berbeda pada seseorang yang faktor ekonominya lebih mapan sehingga. Ybs lebih mudah menentukan dimana akan berkarir.
3.Jangka panjang
Jika setiap orang diajak berpikir lebih dalam, karir yang lebih penting daripada gaji. Karir semakin naik mestinya kompensasi akan bergerak searah karir tersebut.

4. Pola pikir
Dahulu banyak orang berpikir masuk kerja di kantor tujuan utama adalah untuk dapat gaji. Apakah kondisi tersebut masih ada saat ini ?

5.Background keluarga
Orang tua (orang yang dituakan) biasanya akan menjadi panutan bagi yang lebih muda. Orang tua yang mau mensupport anaknya untuk belajar baik-baik dan mengejar karir akan banyak membantu sang anak mencapai cita-citanya.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan semua orang memiliki tujuan untuk hidup lebih baik. Berkarir untuk mengubah hidup lebih baik/layak menjadi salah satu jalan yang dapat ditempuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar